Begini Cara Investasi Uang Yang Tepat Untuk Anda di Tahun 2022

2 min read

Cara Investasi Uang

Cara Investasi Uang – Jangan ragu untuk mulai berinvestasi. Semakin cepat Anda memulai, semakin besar manfaat yang akan Anda alami di masa depan. Investasi ini merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan sejak dini, Hal ini dikarenakan investasi khususnya di pasar modal memiliki efek compounding yang membuat nilainya semakin besar apabila diinvestasikan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cara investasi uang dengan mudah

Namun, anak muda seringkali ragu untuk memulai berinvestasi karena berbagai alasan mulai dari tidak memiliki penghasilan yang cukup, tidak memiliki KTP dan NPWP, hingga tidak tahu cara berinvestasi. Padahal, saat ini pemerintah telah melonggarkan berbagai prasyarat investasi di pasar modal. Berikut Cara Investasi Uang yang tepat agar menguntungkan:

Baca Juga : Memahami Tentang GSC Investasi yang ada di Indonesia

Tentukan Tujuan Investasi Anda Terlebih Dahulu

Langkah pertama adalah menentukan tujuan investasi Anda terlebih dahulu sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang perlu Anda simpan per bulan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.  Tujuan investasi tidak perlu muluk-muluk.

Anda bisa berinvestasi sejak dini untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan di masa depan, seperti membeli laptop, kamera, atau sekedar berlibur akhir tahun bersama teman-teman. Namun, semakin lama waktu yang Anda butuhkan untuk tujuan ini, semakin besar hasil investasi yang bisa Anda dapatkan.

Investasi uang

Penghasilan Bukan Lagi Alasan

Salah satu alasan mengapa kaum muda menunda-nunda berinvestasi adalah karena pendapatan yang tidak mencukupi. Apalagi jika mengingat investasi itu harus menggunakan uang dingin.

Saat ini ada banyak cara bagi siswa atau siswa SMA untuk mendapatkan penghasilan di luar uang jajan orang tuanya. Sumber penghasilan tambahan mulai dari membangun usaha kecil sendiri, menjadi guru les atau menjadi asisten dosen.

Beberapa kali Bursa Efek Indonesia juga mengadakan seminar dan kompetisi berhadiah gratis pembuatan SID dan top up investasi ratusan ribu rupiah. Anda dapat menyisihkan sebagian dari total pendapatan beserta hadiah kompetisi untuk investasi.

Melakukan Diversifikasi Portofolio

Cara berinvestasi untuk anak muda selanjutnya adalah dengan membuat portofolio investasi. Diversifikasi berarti Anda tidak berinvestasi hanya pada satu instrumen, melainkan berinvestasi di beberapa instrumen sekaligus.

Misalnya, membeli reksa dana pasar uang serta reksa dana dan deposito investasi. Maksudnya adalah ketika salah satu instrumen mengalami kerugian, Anda masih memiliki investasi di instrumen lain yang masih menguntungkan atau aman.

Setelah Anda menemukan berbagai alat investasi yang menurut Anda cocok untuk situasi keuangan Anda saat ini, pastikan untuk menulis rencana investasi terlebih dahulu di Microsoft Excel. Tujuannya agar memiliki standar investasi dan bisa lebih disiplin.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Properti Tanpa Modal yang Wajib Diketahui

Investasikan uang

Pilih Instrumen yang Tepat

Setelah Anda mengetahui tujuan dan sumber pendapatan yang dapat disisihkan untuk investasi, kini saatnya memilih instrumen yang tepat. Selain reksa dana seperti tersebut di atas, umumnya investor pemula juga disarankan untuk membeli instrumen investasi yang aman dengan risiko rendah hingga menengah sebagai berikut:

  • Investasi emas melalui mekanisme simpanan emas: Keuntungannya, bisa diisi hanya dengan Rp. 10.000 sedangkan kekurangannya anda harus mewaspadai perubahan harga jual dan harga beli kembali.
  • Investasi simpanan: Keuntungannya adalah dana aman karena disimpan di bank dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Karena risikonya yang rendah, deposito adalah salah satu investasi terbaik untuk pemula.
  • Obligasi ritel negara atau investasi sukuk: Keuntungannya adalah dana aman karena dipinjamkan ke pemerintah pusat dan setoran minimum hanya Rp. 1.000.000. Jika dana Anda terbatas, Anda bisa memilih untuk berinvestasi di salah satu instrumen di atas. Namun, jika Anda memiliki cukup uang, Anda dapat membeli ketiganya sekaligus untuk diversifikasi

 

Wow investasi

Belum punya KTP? Dapat Menggunakan KK

Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan nomor yang mewakili identitas Anda yang tinggal di Indonesia. NIK ini tidak hanya tertera di KTP tapi juga di Kartu Keluarga (KK). Artinya, jika Anda berusia di bawah 17 tahun tetapi masih ingin berinvestasi di pasar modal, Anda bisa menggunakan NIK yang tercantum di KK.

Untuk Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Anda dapat menggunakan NPWP orang tua Anda. Asalkan nama yang tertera di NPWP sama dengan nama orang tua di KK. Pembuatan Single Investor Identification (SID) tanpa KTP, khususnya untuk produk reksa dana, karena reksa dana tidak memerlukan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) di bank

Disiplin

Disiplin di sini berarti Anda rutin membelanjakan pendapatan untuk berinvestasi dan tidak mudah membelanjakan uang investasi ini untuk kebutuhan yang kurang penting atau karena Anda sedang menghadapi kerugian. Anda harus ingat bahwa berinvestasi itu seperti bisnis pada umumnya. Ada kalanya Anda mendapatkan keuntungan, namun tidak jarang Anda juga mengalami kerugian.

Salah satu penyakit yang menimpa investor pemula pada umumnya adalah mereka tidak disiplin dengan rencana investasi mereka, baik dengan membeli instrumen baru karena takut kehilangan keuntungan atau terburu-buru menjual aset yang mereka miliki karena takut kehilangan.

Demikian penjelasan dari saya tentang Begini Cara Investasi Uang Yang Tepat Untuk Anda semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Investasi Modal Kecil Profit Harian, Yuk Mulai Sekarang !!!