5 Cara Investasi Properti Tanpa Modal yang Wajib Diketahui

3 min read

Investasi Properti

Cara Investasi Properti Tanpa Modal – Saat ini jenis investasi semakin beragam, mulai dari investasi emas, saham dan barang-barang bermerek, yang juga dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Meskipun ada semakin banyak pilihan investasi yang tersedia, investasi properti masih menjadi pilihan yang disukai banyak orang. Selain harga jual properti  yang terus meningkat, banyak yang percaya bahwa investasi properti  cenderung kurang berisiko dibandingkan jenis investasi lainnya.

Meskipun stabil dalam harga dan risiko rendah, membutuhkan kehati-hatian. Karena itulah, banyak orang, termasuk para pemula, yang masih ragu untuk memulai investasi properti. Investasi properti sendiri adalah jenis investasi yang membeli, memiliki, menyewakan, mengelola, dan menjual properti untuk menghasilkan keuntungan. Investasi properti adalah pembelian properti dengan tujuan memperoleh laba atas investasi melalui pendapatan sewa, penjualan kembali, atau keduanya.

Properti itu sendiri dapat dimiliki oleh investor individu, investor grup, atau badan hukum. Dilihat dari jangka waktu investasinya, investasi properti merupakan investasi yang cukup fleksibel, bisa bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh kаrеnа itu, Andа dараt menentukan jаngkа wаktu іnvеѕtаѕі ѕеѕuаі dеngаn kеbutuhаn.

Baca Juga : 5 Daftar Perusahaan Investasi yang Terbaik dan Terpercaya

Cara Investasi Properti Tanpa Modal

Mengapa berinvestasi di properti

 

  1. Buat Perencaanaan Riset Bisnis 

Anda mungkin tidak memiliki modal, tetapi dengan perencanaan bisnis yang matang, Anda dapat menarik investor. Caranya tentu saja dengan melakukan riset bisnis properti yang layak untuk investasi dan menarik bagi investor.

Riset harus mencakup lokasi, target pasar, pengembangan wilayah, akses, fasilitas transportasi, fasilitas pendukung, strategi pemasaran dan tentu saja harga yang kompetitif dengan pesaing. Jika Anda mampu melakukan riset yang akurat dan menghasilkan data potensial, langkah selanjutnya adalah memberikan proposal bisnis investasi properti kepada mitra atau calon investor Anda.

  1. Cari Partner atau calon investor

Bagi yang tidak memiliki modal besar atau sederhana, cara berinvestasi properti tanpa modal bisa dilakukan dengan mencari mitra atau calon investor. Hal ini dapat dilakukan dengan sering mengunjungi kawasan perumahan dan pameran properti, mengenal para penjual, dan mendapatkan kerjasama mereka.

Jika proposisi yang Anda berikan telah berhasil menarik mitra dan investor, langkah selanjutnya adalah mencari pembeli dengan memanfaatkan berbagai sumber seperti afiliasi, anggota keluarga dan kerabat di jaringan media sosial.

  1. Manfaatkan Relasi dan Media Sosial

Jaringan yang luas merupakan jaminan dalam berbisnis, termasuk investasi properti. Seperti halnya influencer yang menggunakan media sosial untuk menjual rekomendasi produknya, Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Manfaatkan keluarga, kerabat, teman, dan relasi di jejaring media sosial untuk menarik pembeli properti yang bekerja sama dengan mitra dan calon investor.

Tentu saja, kredibilitas Anda adalah nilai jual yang dipertaruhkan. Jadi jangan hanya beriklan, tetapi yakinkan calon pembeli bahwa properti yang ingin Anda beli lebih bernilai dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda harus ingat bahwa uang muka atau pembayaran awal dari calon pembeli dapat mendanai investasi properti tanpa modal yang Anda gunakan.

  1. Strategi Pemasaran

Jika Anda menggunakan media sosial untuk mengiklankan investasi properti, Anda harus berhati-hati agar tidak tertipu oleh scammers atau mereka yang mungkin mencuri bisnis Anda. Ini membutuhkan strategi pemasaran yang tepat sehingga Anda dapat dengan aman memanfaatkan berbagai platform medis sosial untuk memasarkan properti Anda dan menarik pembeli. Salah satu caranya adalah dengan menghindari mencantumkan nomor telepon merchant. Nomor kontak Anda harus dicantumkan agar calon pembeli dapat menghubungi Anda secara langsung.

Cara Investasi Properti Tanpa Modal

  1. Bekerjasama dengan developer atau pengembang rumah

Cara termudah untuk memulai bisnis properti adalah dengan mengundang developer untuk bekerja dengan Anda dan menjadi ahli dalam menjual properti. Dengan kata lain, ini membantu sang developer menjual produk properti mereka. Seiring dengan meningkatnya pengalaman dan permintaan, Anda dapat mempekerjakan karyawan untuk membantu kebutuhan administrasi dan memasarkan properti Anda.

Ada juga cara berinvestasi properti tanpa modal untuk pemula. Artinya, cari properti siap pakai yang mungkin diminati calon pembeli (lokasi strategis, akses mudah, harga terjangkau), lalu ajukan kredit bank dengan nilai di atas properti. Setelah perjanjian kredit disetujui oleh bank, properti dapat disewa atau dijual dengan harga yang menguntungkan, sehingga menutupi kredit bank dan masih memiliki modal untuk berinvestasi di properti berikutnya.

Baca Juga : Investasi Modal Kecil Profit Harian

Lalu apa jenis Investasi Properti yang tidak Perlu Mengeluarkan Banyak Modal?

Investasi Properti Tanpa Modal

Investasi properti diklasifikasikan menjadi investasi aset nyata dan investasi dalam bentuk benda berwujud. Berinvestasi dalam tanah atau properti sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini dapat terjadi dengan munculnya kelangkaan. Bayangkan, lahan yang tersedia tidak bertambah. Sementara jumlah penduduk terus bertambah.

Ini berarti bahwa permintaan akan tanah dan properti akan lebih tinggi daripada penawaran, yang mengarah pada harga yang lebih tinggi. Ini adalah beberapa alasan mengapa semua orang berjuang untuk berinvestasi di tanah dan properti. Untuk itu ada beberapa jenis Investasi Properti yang tidak Perlu Mengeluarkan Banyak Modal yang mungkin bisa Anda coba.

1.Investasi Properti Sewa

Cara yang paling umum adalah membangun atau membeli properti sendiri. Namun jika sebatas kepemilikan, manfaatnya tentu kurang terasa. Apalagi jika Anda memiliki target profit jangka pendek. Oleh karena itu, Anda bisa memiliki bisnis sewa properti untuk mendapatkan passive income secara rutin. Apalagi jika Anda memiliki kesibukan sendiri namun masih membutuhkan penghasilan tambahan, bisnis sewa properti menjadi pilihan yang bisa dipilih.

 2.Bisnis Flip Properti

Bisnis flip properti adalah proses dan metode memiliki rumah atau properti lainnya. Setelah itu, anda akan melakukan proses renovasi dan menjualnya kembali secara menguntungkan dalam waktu yang relatif singkat.

Para pebisnis di bidang properti flipping biasanya disebut flippers, dan proses penjualannya sendiri disebut flipping. Bisnis flipping di Indonesia memang tidak terlalu populer, namun model bisnis ini bukannya tanpa keuntungan.

Metode investasi properti ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik Anda orang awam maupun penjual properti. Tahapannya sendiri dimulai dengan mendapatkan pinjaman KPR atau KPA dari bank dan mencari berbagai jenis properti dengan harga di bawah pasar. Alasan mengapa properti dijual dengan harga murah bisa menjadi kebutuhan penjual untuk mendapatkan uang dengan cepat.

2.Investasi Properti Online

Siapa bilang hanya investasi properti yang bisa diperdagangkan melalui dunia maya? Investasi properti kini juga dapat dilakukan secara online melalui platform khusus yang menghubungkan pengelola aset properti dan investor.

Namun, pastikan semua transaksi dan prosedur Anda aman. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa kehilangan investasi Anda. Selalu ingat untuk melakukan riset sebelum mengambil keputusan atau memilih jenis properti agar tidak merugikan diri sendiri.

Kesimpulan Cara Investasi Properti Tanpa Modal

Mungkin Sekarang Anda sudah paham Cara Investasi Properti Tanpa Modal yang Wajib Diketahui, termasuk jenis Investasi Properti yang tidak Perlu Mengeluarkan Banyak Modal apa saja. Dengan membaca artikel ini Anda dapat menganalisis dan membuat keputusan yang tepat dalam investasi properti.

Ingatlah bahwa bisnis properti umumnya merupakan bisnis yang menguntungkan, apalagi jika Anda bijak menjalankannya. Pada dasarnya, membangun sebuah bisnis memiliki tingkat kesulitan yang sama baik itu bisnis properti atau bisnis lainnya.

Baca Juga : Mengetahui Risiko Investasi Agar Tidak Rugi di Tahun 2022