Ketahuilah Berikut Keuntungan Investasi Obligasi

4 min read

Keuntungan Investasi Obligasi

 Keuntungan Investasi Obligasi– Salah satu keuntungan membeli surat utang adalah Anda bisa mendapatkan kupon dari surat utang yang sudah Anda beli. Keuntungan tersebut di atas suku bunga Bank Indonesia (BI rate). Perlu diketahui, Efek Bersifat Utang atau yang dikenal dengan Obligasi merupakan salah satu Efek yang tercatat di Bursa selain Efek lainnya.

Efek lainnya tersebut adalah sukuk, efek beragun aset, saham, dan dana investasi real estate. Dikelompokkan sebagai surat utang selain sukuk, obligasi ini juga dapat diartikan sebagai surat utang jangka menengah dan jangka panjang yang dapat dipindahtangankan.

Obligasi sebenarnya dapat diterbitkan oleh Korporasi atau Negara. Keuntungan Investasi Obligasi yaitu Anda bisa mendapatkan keuntungan modal dari menjual surat utang di pasar sekunder. Risiko surat utang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Investasi Modal Kecil Profit Harian, Yuk Mulai Sekarang !!!

Fasilitasi Investor Milenial

Investor Milineal

Berdasarkan informasi yang tercatat dalam keterbukaan informasi BEI, surat utang yang diterbitkan pemerintah nantinya dapat dikatakan sebagai instrumen bebas risiko. Selain itu, ada juga banyak pilihan seri surat utang yang bisa Anda pilih sebagai investor di pasar sekunder. Ada beberapa efek bersifat utang yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), antara lain:

  • Sukuk dikenal sebagai Surat Berharga Syariah dalam bentuk sertifikat atau bukti kepemilikan dengan nilai yang sama, dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi (syuyu’ atau bagian yang tidak terbagi) dari aset yang mendasarinya.
  • Surat Utang Negara (SBN) disebut juga Surat Utang Negara yang terdiri dari Surat Utang Negara dan Surat Berharga Syariah Negara.
  • Obligasi Korporasi ini merupakan obligasi yang telah diterbitkan oleh sebuah Perusahaan Swasta Nasional termasuk BUMN dan BUMD.

Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang dalam rupiah dan valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia sesuai dengan masa berlaku yang telah ditentukan. Padahal, ketentuan terkait SUN telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara.

Berdasarkan informasi BEI, Efek Beragun Aset (EBA) adalah efek bersifat utang yang diterbitkan dengan Underlying Asset sebagai dasar penerbitannya. BEI menetapkan ada tiga keuntungan membeli Efek Bersifat Utang, antara lain:

  • Memperoleh capital gain dari penjualan surat utang di pasar sekunder.
  • Memperoleh kupon/biaya/rasio berkala atas surat utang yang dibeli. Secara umum tingkat kupon/biaya/rasio berada di atas tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI rate).
  • Banyak pilihan seri surat utang yang dapat dipilih investor di pasar sekunder.
  • Memiliki risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan instrumen lain seperti saham, dimana pergerakan harga saham lebih fluktuatif dibandingkan dengan harga surat utang.

Perbedaan Investasi Obligasi Dan Saham

Perbedaan Obligasi Dan Saham

Mengenal Investasi Obligasi dan Manfaatnya di Usia MudaKeduanya adalah instrumen investasi, banyak yang menganggap obligasi dan saham itu sama. Padahal, obligasi berbeda dengan saham. Perbedaan antara obligasi dan saham adalah hak kepemilikan saham adalah milik pemegangnya, sekecil apapun.

Sedangkan pemilik obligasi bukanlah pemilik sebenarnya, melainkan hanya memberikan hutang kepada perusahaan. Oleh karena itu, pemegang obligasi tidak memiliki hak suara. Perbedaan lain antara obligasi dan saham adalah durasinya.

Pemegang saham tidak dibatasi waktu tertentu, selama perusahaan tempat ia menanamkan sahamnya masih ada, maka ia masih berhak atas keuntungan dari perusahaan tersebut. Akan tetapi pemilik obligasi punya jangka waktu tertentu. Di Indonesia jangka waktu berlaku umumnya adalah 1-10 tahun.

Perbedaan antara kedua instrumen terrsebut terletak pada keuntungannya yang besar. Dan keuntungan dari obligasi ini stabil ,sedangkan untuk saham yang akan didapatkan yaitu cenderung fluktuatif.

Baca Juga : Pengertian Dari Investasi Obligasi Adalah

Mengenal Investasi Obligasi dan Manfaatnya di Usia Muda

Mengenal Investasi Obligasi dan Manfaatnya di Usia Muda

Memiliki kehidupan yang bahagia dan sejahtera, serta kondisi keuangan yang kuat merupakan dambaan setiap manusia. Untuk bisa mencapai mimpi tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan. Tapi, tentu saja, mimpi tidak datang dalam sekejap mata. Mewujudkan mimpi membutuhkan waktu dan proses. Oleh karena itu, untuk menjalani kehidupan yang nyaman di masa depan, sejak usia muda Anda perlu memikirkan untuk melakukan investasi terbaik.

Sekilas, investasi seringkali memiliki gambaran yang menakutkan di mata masyarakat. Hal ini tentu saja mengacu pada ilmu yang sulit didapat, sulitnya melakukan investasi terbaik, hingga takut kehilangan. Namun jangan salah, dengan mempertimbangkan untuk mulai melakukan investasi terbaik, Anda akan mendapatkan pengalaman berharga untuk dituai di kemudian hari.

Keuntungan Dari Investasi

Setiap investasi tetap memiliki risiko kerugian, walaupun Anda telah memilih jenis investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Namun, risiko ini dapat diatasi atau diatasi dengan persiapan yang matang, yang mengacu pada perencanaan dan pengetahuan yang cukup sebelum mulai melakukan investasi terbaik untuk Anda.

Meski cenderung memiliki risiko, investasi juga memiliki berbagai manfaat yang berdampak positif tidak hanya dari segi keuangan, tetapi juga taraf hidup yang lebih baik, terutama di masa depan. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi terbaik

Kebebasan Finansial

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam menjalankan rencana investasi terbaik adalah mendapatkan penghasilan tetap di atas penghasilan utama Anda. Untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, tentunya hal ini akan memberikan kemudahan. Kebebasan finansial sebagai hasil dari investasi terbaik akan membuat Anda lebih fleksibel dalam menentukan pilihan terbaik yang akan memberikan kemakmuran di masa depan.

Kondisi Keuangan Yang Makmur

Kehidupan yang sejahtera di masa depan tentu mempengaruhi kondisi keuangan yang stabil. Jadi kami sarankan agar menentukan rencana investasi terbaik, karena hal itu penting yang harus diperhatikan disaat Anda masih muda.

Dengan berinvestasi lebih awal, memberikan Anda kemungkinan lebih besar untuk memiliki aset dengan nilai lebih besar dari yang Anda miliki saat ini. Ketika nilai aset Anda semakin besar, tentunya akan membuat kondisi keuangan Anda semakin sejahtera untuk menatap masa depan yang lebih cerah bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga : Memahami Tentang GSC Investasi yang ada di Indonesia

Obligasi Sebagai Produk Investasi Yang Menguntungkan

Obligasi Sebagai Produk Investasi Yang Menguntungkan

Jika Anda baru dalam berinvestasi, mungkin Anda bisa mempertimbangkan obligasi sebagai produk investasi terbaik. Memang obligasi tidak memiliki popularitas yang sama dengan saham sebagai produk investasi, namun obligasi bisa menjadi entry point Anda dalam memulai berinvestasi yang bisa menambah penghasilan sambil tetap bekerja produktif.

Sebagai pengantar, obligasi merupakan produk investasi yang dapat ditemukan di pasar modal. Obligasi berupa surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa, biasanya berasal dari pemerintah atau korporasi, tetapi dapat juga diterbitkan oleh perorangan.

Dalam Obligasi yang diterbitkan ini biasanya akan ada pernyataan bahwa setiap pembelian mempunya bunga yang akan tumbuh dan pastinya memberikan keuntungan untuk pemiliknya dalam jangka waktu tertentu.

Obligasi sebagai produk investasi terbaik juga dapat diterapkan untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek, karena biasanya memiliki jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. Pemegang investasi obligasi biasanya akan diberikan tanda kepemilikan berupa kupon atau bunga.

Jika Anda memilih obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi, biasanya Anda akan menerima kupon yang akan diterbitkan secara berkala. Kupon ini merupakan bukti atau tanda dari keuntungan yang Anda miliki saat berinvestasi di obligasi. Keuntungan mendapatkan penghasilan tetap menjadikan obligasi salah satu produk investasi terbaik yang bisa Anda miliki.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengetahui Apa Saja Keuntungan Investasi Obligasi semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Properti Tanpa Modal yang Wajib Diketahui