Keuntungan dan Kerugian Investasi Kontan yang Menguntungkan Banyak Orang

3 min read

Keuntungan dan Kerugian Investasi Kontan yang Menguntungkan Banyak Orang

Investasi kontan – Meski peminatnya masih sedikit, jenis investasi ini sering dipilih oleh mereka yang tidak pandai dalam hal rumit suatu proses pengembalian bentuk investasi ke nominalnya.  Meskipun investasi kontan dalam masyarakat memiliki beberapa arti yang berbeda.

Pada dasarnya, investasi kontan adalah jenis investasi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan, dan terdapat proses jual beli bentuk investasi dengan mudah, cepat dan instan. Salah satu ciri dari investasi kontan adalah pembelian dan penjualan diselesaikan sekali atau sering dalam bentuk uang tunai, tanpa adanya jatuh tempo.

Meski proses jual beli tidak sesingkat transaksi, kata “cash”  yang sepertinya tidak mewakili yang namanya investasi itu sendiri. Lalu apa saja kelebihan dan Kekuranagan yang terdapat pada investasi kontan? nah untuk lebih lanjutnya bisa anda baca selebihnya di bawah ini.

Baca Juga : Ketahuilah Berikut Keuntungan Investasi Obligasi

Keuntungan Investasi Kontan

Keuntungan Investasi Kontan

Ada beberapa keuntungan berbeda dari Investasi Kontan, memberikan kesempatan bagi investor untuk menginvestasikan uang mereka dalam aset likuid. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Inі mеngаrаh pada kеuntungаn utamanya, perlindungan mоdаl. Inі jugа dianggap ѕеbаgаі іnvеѕtаѕі уаng ѕаngаt аmаn.
  2. Jika terjadi keadaan darurat yang tidak terduga, investasi kontan adalah aset likuid dan dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan sangat mudah, membantu mengatasi biaya tak terduga ini. Ini mencegah investor menjual aset seperti saham dan obligasi yang mungkin menjadi bagian dari portofolio mereka. Oleh karena itu, memegang investasi kontan adalah cara mudah untuk memenuhi kewajiban finansial ini.
  3. Karena investasi kontan adalah aset yang sangat likuid, mereka yang memiliki akses langsung ke uang mereka dengan penarikan sederhana, memungkinkan mereka untuk berdagang dengan cepat untuk produk dan layanan yang ingin mereka gunakan.

Kerugian Investasi Kontan

  1. Kerugioan utama dari investasi kontan berkaitan dengan tingkat pengembalian keseluruhan yang ditawarkan oleh investasi kontan ini. Karena investasi ini aman, maka tidak akan menghasilkan pengembalian sebanyak investasi yang lebih berisiko. Semakin rendah risikonya, semakin rendah pengembalian investasi yang kurang berisiko.
  2. Sebagai pengembalian dalam bentuk kontan, investasinya sangat kecil sehingga investor terus menentukan jumlah uang tunai yang mereka butuhkan dari waktu ke waktu sehingga uang mereka tidak terpakai dan pengembalian portofolio secara keseluruhan tidak terganggu. Karena investor menghabiskan banyak waktu dengan benar mengidentifikasi kebutuhan kontan mereka.
  3. Untuk investasi kontan, beberapa deposito memiliki jangka waktu layanan tertentu, dan jika investor memutuskan untuk menarik uang mereka dalam jangka menengah, mereka biasanya harus membebaskan pembayaran bunga, dan pada saat yang sama beberapa biaya adanya kemungkinan Penarikan awal.

Baca Juga : Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2022

Sebenarnya apa itu Inventasi Kontan?

Investor yang mencari investasi yang aman dan ingin mempertahankan modal mereka akan memilih kendaraan investasi yang aman, seperti investasi Kontan. Money Market Account (MMA) dan Certificates of deposito (CD) adalah contoh investasi Kontan. Pilihan mana dari investasi Kontan yang Anda pilih tergantung pada apakah investor ingin mengunci hasil tertentu atau Anda memerlukan asuransi FDIC.

Investasi Kontan biasanya dilakukan oleh investor yang membutuhkan tempat sementara untuk menyimpan uang tunai mereka saat meneliti produk investasi lainnya. Investor mendapat manfaat dari imbal hasil berisiko rendah dan likuiditas investasi Kontan yang tinggi. Meskipun suku bunga rendah dan suku bunga yang menguntungkan hanya dapat dikunci sementara, seorang investor dapat memiliki akses ke uang mereka dalam waktu singkat.

Dalam industri kredit, pemberi pinjaman biasanya mengharuskan peminjam untuk memiliki “kulit dalam permainan,” terutama untuk pinjaman besar. Dalam real estat, misalnya, pembeli properti yang mengambil hipotek diharapkan melakukan investasi Kontan dalam bentuk uang muka.

Investasi Kontan peminjam menurunkan risiko pemberi pinjaman karena peminjam akan memiliki sesuatu sendiri untuk kehilangan jika ia gagal membayar hipotek. Jika investasi Kontan peminjam kurang dari 20%, pemberi pinjaman akan meminta peminjam untuk membeli asuransi hipotek swasta (PMI) untuk melindungi kepentingan pemberi pinjaman.

Lalu Apa Saja Contoh-Contoh Investasi Kontan yang Menguntungkan saat ini?

Contoh Investasi Kontan

1. Investasi Properti Antik

Investasi semacam ini membutuhkan keterampilan khusus, terutama kejelian untuk melihat nilai barang antik yang unik. Faktanya, tidak semua barang antik memiliki banyak peminat dan nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak banyak yang bisa dijelaskan tentang investasi barang antik ini karena Minat dan bakat pada barang antik sangat penting dalam investasi kontan semacam ini.

2. Investasi Sewa Lahan

Investasi sewa tanah mulai banyak diminati saat ini, namun setiap orang bisa memiliki peluang yang lebih baik. Karena perkembangannya menuntut seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan berpikir untuk membeli sebidang tanah yang luas.

Pada awalnya cobalah untuk membeli ukuran yang cukup untuk tempat berdagang, katakanlah ukuran lahan 5x8m2. Dengan lebih banyak uang, Anda dapat membeli tempat yang lebih dekat dengan jalan utama yang sudah padat penduduk. seperti membuka kos-kosan.

Sewa saja tanahnya untuk 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun atau bahkan lebih murah, tetapi yang ingin menyewa harus membangun sendiri bangunan non-permanen. Cara ini akan lebih efektif dan menguntungkan. Di sisi lain, bagi para penyewa kini juga banyak yang mengelola lahan bebas sesuai kebutuhannya.

3. Investasi dengan Membeli Saham Perusahaan

Berinvestasi dengan membeli saham di perusahaan sekarang sering menawarkan fasilitas pembelian tunai atau secara kontan, dengan komunitas perusahaan ini untuk bertukar informasi dan menjual kembali saham yang telah mereka beli.

Berinvestasi untuk membeli saham perusahaan tidak sama dengan reksa dana. Investasi ini membutuhkan setidaknya keterampilan dasar dalam menemukan perusahaan yang menjual saham secara langsung kepada individu atau melalui komunitas. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah perusahaan yang Anda beli sahamnya jelas, menggunakan sistem yang jelas, bukan perusahaan fiktif atau ilegal.

Jika Anda ingin mulai berinvestasi dengan membeli saham di suatu perusahaan, pastikan Anda mengetahui sistem yang diterapkan, semua jenis produk, dan bagaimana reaksi penduduk setempat dan beberapa orang terhadap perusahaan tersebut.

4. Investasi Emas

Emas adalah aset investasi yang fleksibel, tersedia untuk investasi konvensional dan non-konvensional. Sebagai Permulaan, Belilah brankas logam untuk menjaga investasi emas Anda tetap aman. Simpan emas Anda di brankas Anda di rumah. Jangan tergiur dengan tawaran untuk menyimpan emas Anda di lokasi tertentu dengan memberikan royalti, hasil bunga, dll.

Karena Nilai emas selalu naik setiap tahunnya. Ada kalanya harga emas turun, namun yakinlah bahwa saat harga emas naik lebih lama. Ketika Anda menjual, Anda menjual secara , sehkontan ingga Anda dapat langsung menerima nilai dari tukar uangnya.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Investasi Modal Kecil Profit Harian, Yuk Mulai Sekarang !!!