8 Macam Peluang Investasi Menguntungkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

3 min read

Investment

Peluang investasi – Berinvestasi menjadi lebih mudah daripada sebelumnya, berkat banyaknya peluang yang tersedia. Aturan mengenai investasi sebenarnya fleksibel dan mudah diikuti. Sebagai contoh sederhana, Anda sekarang dapat berinvestasi dengan saldo minimal Rp 10.000, tergantung pada alat dan sarana investasi Anda.

Peluang investasi sendiri adalah peluang untuk menginvestasikan uang dalam aset saat ini dengan harapan keuntungan di masa depan. Tujuan dari suatu peluang investasi adalah untuk memperkirakan keuntungan yang nantinya akan diperoleh melalui sarana investasi yang digunakan.

Anda harus memahami bahwa setiap investasi melibatkan sejumlah risiko. Semakin besar risikonya, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Inilah prinsip investasi: high risk high return. Oleh karena itu, Anda perlu menguasai berbagai peluang investasi yang muncul di instrumen Anda. Keakraban dengan produk investasi menentukan strategi yang harus Anda ikuti saat menginvestasikan uang dalam portofolio Anda.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Properti Tanpa Modal yang Wajib Diketahui

Iniliah Peluang Investasi Menguntungkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

8 Macam Peluang Investasi Menguntungkan

  1. Investasi Properti

Dulu dan sekarang, Properti masih dianggap sebagai peluang investasi yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan Properti merupakan investasi yang tidak mudah terpengaruh oleh keadaan zaman, termasuk di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, jumlah investasi cenderung tumbuh positif.

Hal ini dikarenakan setiap tahun masyarakat pasti membutuhkan tempat tinggal. Jika Anda memiliki properti yang tidak terpakai pada tahun 2022, tidak ada salahnya untuk menyewakannya kepada orang lain. Apalagi jika lokasinya strategis. Tidak hanya itu, investasi properti bisa terbayar kapan pun Anda membutuhkan dana darurat yang besar.

  1. Investasi Emas

emas adalah peluang investasi kedua yang paling menguntungkan setelah porperti. Kondisi ekonomi global yang fluktuatif, mulai dari perang dagang hingga pandemi, membuat masyarakat lebih memilih peluang investasi yang nyata. Dalam hal ini, yang diinvestasikan dapat dilihat secara fisik seperti emas.

Emas dipilih untuk 2019-2021 karena masih memiliki keunggulan sebagai tujuan investasi yang aman. Apalagi saat kondisi ekonomi sedang tidak baik. Pergerakan harga emas juga cukup stabil, dengan penurunan sesekali, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Jika Anda telah berinvestasi emas sebelumnya, Anda dapat melanjutkan pada tahun 2022. Di sisi lain, mereka yang baru dalam investasi ini harus mulai dengan mengumpulkan sejumlah kecil emas terlebih dahulu

  1. Deposito

Peluang Investasi Deposito

Tapi bagaimana dengan investasi tak terlihat seperti tabungan atau deposito? Untuk jawabanya adalah Deposito kurang terpengaruh oleh pandemi, menurut berbagai penilaian dari pengamat dan pelaku bisnis. Deposito kemudian dianggap lebih aman karena dikelola secara transparan di bawah pengawasan ketat Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Memang berada di kisaran 5% sampai 7% per tahun untuk keuntungan peluang investasi deposito. Tetapi jika dikelola dengan baik, itu akan penghasilan pasif yang menjanjikan. Satu-satunya hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih investasi ini adalah berpikir matang-matang.

Lebih baik tidak menarik dana saat investasi sedang dijalankan. Tentu saja, jika Anda menarik diri sebelum periode berakhir, Anda akan dikenakan penalti. Faktanya, jika penarikan Anda besar, Anda bisa kehilangan investasi yang berpotensi menguntungkan.

  1. Reksadana

Reksa dana juga diproyeksikan menjadi peluang investasi yang sangat menguntungkan di tahun 2022. Padahal, jenis investasi ini mirip dengan investasi deposito. Bedanya, dalam reksa dana, jumlah dana yang disimpan dikumpulkan melalui konsorsium. Dana yang terkumpul kemudian dikelola oleh manajer investasi di bidang bisnis tertentu. Manajer investasi kemudian mendistribusikan keuntungan investasi kepada peserta konsorsium.

Di masa setelah pandemi seperti saat ini, disarankan untuk tidak panik sampai Anda melakukan pembayaran atau penukaran reksa dana Anda, karena aset Anda akan menyusut. Jika saat ini Anda memiliki kepercayaan investasi, disarankan melakukan pengisian dana karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan harga unit investasi yang baik. Juga, atur risiko dan jangka waktu sesuai kebutuhan.

  1. Investasi Saham

Peluang investasi selanjutnya yang menjanjikan untuk tahun 2022 adalah saham. Saham merupakan investasi yang menguntungkan karena beberapa faktor. Di antara mereka banyak pengamat yang meyakini pemulihan ekonomi pada 2022 diprediksi suku bunga rendah. Selain itu, likuiditas pasar cenderung menguntungkan.

Kondisi ini dinilai menguntungkan bagi pasar modal, meski dampaknya berbeda untuk saham dan obligasi. Investasi saham mungkin mengungguli obligasi, kata pengamat. Tak hanya itu, dengan berakhirnya pemilihan presiden yang ditengarai menjadi angin segar bagi keberlanjutan investasi saham, banyak investor mulai mengalihkan perhatiannya ke saham Indonesia.

  1. Obligasi

Untuk Obligasi Peluangnya memang kurang menjanjikan, namun masih sedikit orang yang mengenal peluang investasi ini. Obligasi dapat dibuat sebagai komoditas jangka panjang dengan pengembalian yang cukup tinggi.

Obligasi adalah surat utang resmi yang diterbitkan pemerintah, jadi risikonya kecil. Karena tingkat bunga lebih tinggi dari Bank Indonesia, jumlah pengembalian juga akan meningkat. Ketika Anda menjual obligasi di pasar saham, Anda juga mendapatkan keuntungan modal.

Baca Juga : Ketahuilah Berikut Keuntungan Investasi Obligasi

  1. Investasi P2P Lending

Konsep P2P lending ini sebenarnya sudah mengenal apa itu pinjol online dengan berkembangnya fintech (financial technology) di Indonesia. Jadi P2P lending merupakan salah satu konsep yang ditawarkan oleh pinjaman online. Di sini, P2P lending ini menghubungkan calon peminjam dengan investor yang membutuhkan modal baru.

Setelah mendengar banyak berita negatif tentang pinjaman online, seperti bunga yang tidak wajar dan metode penagihan yang tidak masuk akal, sebagian orang mungkin berpikir ini adalah peluang investasi yang berbahaya.Hal ini tentu benar dan terjadi dengan banyaknya pinjaman online yang tidak terdaftar di Organisasi Jasa Keuangan (OJK).

Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda mengajukannya ke fintech yang terdaftar resmi di OJK. Sebaliknya, berinvestasi dalam pinjaman P2P dapat menghasilkan pengembalian tahunan sekitar 12-16%. Anda bisa mendapatkannya tanpa memberikan modal yang besar. Hanya dengan Rp 10.000, Anda sudah bisa berinvestasi di fintech P2P lending profesional.

 

Peluang Investasi Menguntungkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

  1. Investasi Unit Link

Unit link juga menjadi salah satu peluang investasi terbaik yang harus Anda coba di tahun 2022 ini. Jenis investasi ini sangat ideal bagi mereka yang tidak hanya ingin berinvestasi, tetapi juga menginginkan asuransi untuk melindungi kesehatan fisik dan mental mereka dari apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Jadi jika ingin mendapatkan kedua fitur tersebut Unit Link adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu tahu apakah investasi di Unit Link tidak akan menghasilkan keuntungan yang signifikan, tetapi masih ada keuntungan yang menjanjikan dari investasi ini.

Akhir Kata

Dari semua peluang investasi terbaik untuk tahun 2022 ini, pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Tetapi jika Anda ingin melakukan investasi yang membutuhkan banyak uang untuk mendapatkan pengembalian yang besar, Anda harus mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum memulai berinvestasi.

Baca Juga : Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2022