Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2022

4 min read

Investasi Paling Menguntungkan

Apa saja investasi paling menguntungkan dan aman untuk pemula di tahun 2022 ini ?. Dunia investasi kini mulai banyak diminati masyarakat. Dunia investasi memang sangat menjanjikan sehingga menarik minat banyak orang untuk terjun di dalamnya.

Meskipun menjanjikan banyak keuntungan, namun investasi memiliki resiko yang cukup berbahaya. Memulai investasi membutuhkan pengetahuan yang cukup di bidang bisnis dan investasi terutama bagi pemula yang belum berpengalaman.

Sekilas Tentang Investasi

Investasi Paling Menguntungkan

Pengertian investasi adalah sebuah kegiatan menanamkan uang, modal atau asset yang berharga lainnya dengan tujuan untuk meraih keuntungan dari hasil kegiatan tersebut. Orang yang melakukan investasi disebut investor.

Berbicara tentang investasi, orang pasti sudah membayangkan sejumlah keuntungan yang bakal di dapat setelah menanamkan modalnya. Namun pada kenyataannya terjun di bidang investasi paling menguntungkan tidak semudah yang dibayangkan.

Ada banyak variabel dan faktor yang dapat menentukan seorang investor bisa sukses atau tidak ketika berinvestasi. Faktor ini melibatkan kecerdasan, kecermatan dan pengalaman. Seorang investor harus memiliki analisa yang cukup untuk mulai berinvestasi.

Pertimbangan Penting Dalam Melakukan Investasi

Meskipun kelihatannya mudah, memutuskan untuk berinvestasi di sebuah bidang tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini untuk meminimalisir resiko kerugian yang bisa saja timbul pada saat menanamkan modal. Apa saja pertimbangan yang harus dilakukan?.

  • Pertimbangan untung dan rugi, ini adalah pertimbangan utama dalam menanamkan modal pada sebuah instrument investasi.
  • Resiko, investor harus memiliki pertimbangan matang dan menghitung jumlah kerugian yang bisa muncul saat menanamkan modalnya.
  • Jangka waktu, sebelum memulai investasi, para investor akan menghitung kapan mereka dapat menuai meuntungan dari modal yang ditanam.
  • Prospek, saat menanamkan modlanya investor harus jeli dalam memandang prospek atau kemungkinan apakah investasi tersebut menguntungkan atau merugikan.

Jenis-jenis Investasi Paling Menguntungkan dan Aman

Diantara sekian banyak jenis investasi paling menguntungkan, terdapat beberapa jenis yang sudah populer di masyarakat. Investasi semacam ini disukai masyarakat karena memiliki resiko yang rendah dengan prospek keuntungan yang tinggi atau stabil.

1. Investasi Saham

Investasi Saham
Investasi Saham

Permainan bisnis investasi di bidang saham sudah berputar sejak dahulu. Instrumen investasi yang satu ini bisa terbilang merupakan yang paling populer di dunia investasi. Berbisnis saham dinilai lebih menguntungkan dan minim resiko.

Untuk membantu para investor muda atau pemula yang belum berpengalaman, kini sudah tersedia berbagai platform yang menawarkan skema investasi yang menarik dengan minimum loss. Aplikasi saham ini bahkan bisa membantu investor melakukan analisa sebelum membeli saham.

Hangan mudah terpancing isu saat bermain saham. Sebelum memutuskan untuk membeli saham sebuah perusahaan, pastikan bahwa kondisi keuangan atau fundamental perusahaan itu tengah berada pada kondisi yang sehat.

Jika terdapat kecurigaan pada sata keuangan yang dimilikinya, maka sebaiknya gugurkan niat untuk membeli sahamnya dan mulailah melirik saham yang laoin. Jika memaksakan diri, maka siap-siap denga n kerugian yang bakal di derita.

2. Peer to Peer Lending

Investasi paling menguntungkan yang hadir selanjutnya adalah bisnis investasi peer to peer lending yang bergerak di bidang layanan peminjaman uang cash. Pada bisnis ini investor bertindak selalu pemberi modal kepada siapapun yang mengajukan.

Namun ada hal yang harus diwaspadai dari bisnis investasi yang satu ini. Jika tidak menguasai pasar maka terjebak dalam lingkaran modal tidak kembali akibat kesalahan analisis data peminjam. Resiko untuk merugi harus siap ditanggung oleh pemilik modal.

Kini pemerintah memberlakukan atiuran yang cukup ketat terkait dengan kegiatan P2P Lending. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan yang diterima oleh lembaga keuangan akibat ulah beberapa penyedia layanan P2P Lending yang nakal.

3. Investasi emas

Emas menjadi lahan investasi paling menguntungkan yang populer dan dinilai minim resiko. Investasi emas sangat diminati oleh masyarakat karena instrument di dalamnya tidak serepot investasi saham dan peer to peer lending.

Potensi harga emas selalu meningkat setiap tahunnya, terutama emas dengan kadar tinggi. Menanam uang pada investasi emas dinilai paling memungkinkan bagi investor pemula karena tidak memerlukan banyak analisa.

Emas juga mudah diuangkan jika sewaktu-waktu investor memiliki kondisi darurat dan membutuhkan uang cash.  Beberapa lembaga keuangan menyediakan tabungan emas bagi rakyat yang ingin mendapatkan emas secara bertahap.

4. Reksadana

Di awal tahun 1990-an, investasi reksadana belum begitu terkenal seperti sekarang. Kini banyak yang sudah melirik reksadana sebagai instrument investasi paling menguntungkan.

Cara kerja investasi reksadana yaitu modal yang ada akan disalurkan ke beberapa efek yang dinilai akan menguntungkan yang ada di pasar modal. Manager Keuangan akan memilih instrument mana saja yang sekiranya cocok untuk menjadi investasi.

Investasi reksadana yang paling minim resiko adalah reksa uang. Sementara reksadana yang paling tinggi resikonya yaitu saham sesuai dengan karakternya yang sangat fliuktuatif dan berubah-ubah.

5. Properti

Selain emas, property menjadi lahan investasi paling menguntungkan yang sudah terbukti nyata. Menanamkan modal di bidang property sudah pasti sangat menguntungkan karena harganya yang terus meningkat setiap tahun.

Investasi di bidang property dianggap sebagai asset produktif. Investor bisa membeli asset berupa tanah, rumah atau apartemen di lokasi strategis yang harganya bisa meningkat terus. Investor dapat meraih keuntungan dengan menjual asset saat hargamya sedang berada di puncak.

Selain dana yang cukup, kelengkapan dokumen juga diperlukan bagi para investor yang ingin menanamkan modal di bidang property. Jika ingin meraih peluang meraup untung dari investasi paling menguntungkan, silahkan  mencoba investasi yang satu ini.

6. Deposito

Deposito merupakan simpanan berjangka yang bisa dianggap sebagai salah satu investasi paling menguntungkan. Deposito juga merupakan investasi yang minim resiko karena simpanan tersebut sudah pasti akan mendapat bunga sesuai ketentuan.

Beberapa bank memberikan skema bunga yang menarik kepada nasabah untuk membuka simpanan deposito. Namun umumnya ada syarat tertentu seperti minimal saldo deposito yang harus disimpan oleh nasabah.

Setelah dana disimpan sesuai dengan jumlah tenor yang disepakati, nasabah dapat mencairkan simpanan berikut bunganya. Deposito tidak bisa dicairkan sebelum batas waktu yang ditentukan, kecuali atas perjanjian tertentu dan nasabah dikenai penalty.

7. Obligasi Ritel

Mungkin banyak yang belum memahami apa yang dimaksud dengan obligasi ritel. Obligasi ritel ini berbeda dari obligasi yang sudah dikenal umum. Perbedaan mendasar dari obligasi ritel dengan obligasi umum adalah sistem dan harga yang berlaku.

Masyarakat yang berminat pada obligasi ritel dapat memesannya dengan harga yang terjangkau. Pemerintah melalui lembaga keuangan menawarkan aneka obligasi ritel dengan pembelian minimal Rp. 1 juta dengan bunga minimal 4%.

Dua contoh obligasi ritel yang paling populer adalah Obligasi Ritel Indonesia dan Saving Bonds Ritel yang keduanya di prakarsai oleh pemerintah.

8. Cryptocurrency

Ini adalah investasi paling menguntungkan yang tengah jadi perbincangan hangat di masyarakat. Trading mata uang crypto tengah menjadi bola panas pro dan kontra di dunia investasi.

Banyak pihak yang menilai investasi mata uang masa depan ini sangat menguntungkan, namun ada juga yang berpendapat bahwa hal ini masih abu-abu. Investasi cryptocurrency umumnya berjangka pendek dan disukai investor muda.

Asset mata uang digital yang paling diminati adalah Bitcoin dan Ethereum. Setiap mata uang digital memiliki nilai dan keuntungan tersendiri. Sementara untuk keamanan dan kepemilikannya dilindungi oleh sistem yang terjamin dan diakui oleh pemerintah.

Trading mata uang digital ini berlangsung 24 jam sehingga investor bebas menentukan waktu yang tepat untuk masuk ke bursa.

Demikian ulasan mengenai investasi paling menguntungkan yang paling diminati di tahun 2022. Sebagai seorang investor, kecermatan dalam menilai prospek investasi merupakan keharusan. Jangan sampai tertipu asset yang tidak merugikan atau bahkan tertipu investasi bodong.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Investasi Modal Kecil Profit Harian, Yuk Mulai Sekarang !!!