9 Opsi Investasi Jangka Pendek Terbaik yang Patut untuk Dipertimbangkan

3 min read

9 Opsi Investasi Jangka Pendek Terbaik yang Patut untuk Dipertimbangkan

Investasi jangka pendek – Berinvestasi bisa dibilang salah satu cara terbaik untuk membangun kekayaan. Anda dapat menyimpan uang hasil jerih payah Anda baik untuk jangka pendek atau jangka panjang berdasarkan tujuan investasi Anda. Biasanya, banyak orang cenderung berinvestasi untuk jangka panjang untuk menghindari kebisingan pasar yang bergejolak dan memaksimalkan potensi pengembalian mereka.

Meskipun investasi jangka panjang sangat bagus, Anda juga ingin memiliki sesuatu yang dapat Anda manfaatkan saat Anda membutuhkan uang tunai denagn cepat. Di situlah investasi jangka pendek masuk. Nah, Berikut ini adalah penjelasan lengkap terkait investasi jangka pendek dan 9 opsi bagus yang mungkin ingin Anda patut pertimbangkan.

Baca Juga : 8 Macam Peluang Investasi Menguntungkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Investasi Jangka Pendek yang Patut Dipertimbangkan

1. High Yield Savings Account

Alih-alih menyimpan uang tunai di rekening giro Anda, Anda dapat berinvestasi di High Yield Savings Account. Biasanya, bank dan serikat kredit menawarkan rekening tabungan hasil tinggi. Berbeda dengan rekening tabungan pada umumnya, jenis rekening ini menawarkan tingkat terbaik dari rata-rata hingga lebih tinggi daripada tingkat rekening tabungan rata-rata pada umumnya.

2. Corporate Bond Fund

Perusahaan-perusahaan besar menerbitkan Corporate Bond Fund untuk mengumpulkan uang investasi dan sebagai imbalannya membayar bunga atas pokoknya. Obligasi korporasi membayar bunga pada interval yang ditentukan, seringkali triwulanan atau dua tahunan.

3. Money Market Account

Money Market Account adalah sejenis rekening tabungan dengan fitur pengecekan. Seperti rekening tabungan lainnya, ia memiliki jumlah penarikan maksimum, biasanya enam per bulan. Fitur terbaik dari rekening pasar uang adalah mereka membayar lebih banyak bunga daripada rekening tabungan biasa. Saat mempertimbangkan opsi ini, cari akun yang diasuransikan oleh FDIC untuk melindungi diri Anda dari kehilangan uang.

4. Certificate of Deposit

Jika Anda mencari investasi jangka pendek yang memungkinkan Anda mendapatkan bunga tinggi, Certificate of Deposit mungkin merupakan pilihan yang sempurna. Dengan Certificate of Deposit, Anda dapat menahan investasi Anda untuk jangka pendek, jatuh tempo hanya dalam beberapa hari atau bulan, atau satu tahun. Namun, Anda dapat memperpanjang investasi Anda hingga 10 tahun atau lebih jika Anda mau, misalnya, dengan membuat tangga Certificate of Deposit atau membuka akun dengan panjang jangka panjang.

Investasi Jangka Pendek Terbaik

5. Rekening Cash Management

Rekening Cash Management memungkinkan Anda melakukan investasi jangka pendek dengan uang Anda dengan berinvestasi, menulis cek, dan mentransfer uang. Pialang saham online dan penasihat robo menawarkan akun manajemen kas. Jika Anda mencari fleksibilitas dalam investasi jangka pendek Anda, ini mungkin pilihan yang ideal untuk Anda.

6. Certificate of Deposit Without Penalty

Certificate of Deposit Without Penalty memungkinkan Anda untuk menghindari pembayaran biaya bank biasa jika Anda memilih keluar sebelum Certificate Of Deposit  jatuh tempo. Secara umum, Certificate Of Deposit  menawarkan lebih banyak pengembalian daripada rekening pasar uang dan rekening tabungan.

Investasi jangka pendek berarti Anda setuju untuk menyimpan uang di akun Anda untuk beberapa waktu, yang bisa berminggu-minggu atau bertahun-tahun. Sebagai imbalannya, bank menawarkan suku bunga yang lebih tinggi baik secara teratur atau pada akhir jangka waktu, dalam hal ini Anda mendapatkan uang yang Anda investasikan dan bunga yang masih harus dibayar.

7. Money Market Mutual Funds

Meskipun Money Market Mutual Funds terdengar mirip dengan Money Market Account, akan tetapi keduanya sangat berbeda. Karena Money Market Mutual Funds memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam kumpulan sekuritas seperti sekuritas kota atau sekuritas utang perusahaan. Jenis investasi ini umumnya menghasilkan lebih banyak pengembalian daripada akun berbunga lainnya.

8. Online Savings Account

Jika Anda mencari opsi investasi jangka pendek yang sangat likuid, Online Savings Account adalah cara yang tepat. Jenis rekening ini seringkali memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada rekening tabungan tradisional. Ditambah lagi, tidak ada penalti untuk penarikan, hanya batas jumlah transaksi bulanan.

9. Peer-to-peer lending

Peer-to-peer lending adalah jenis pinjaman pribadi alternatif. Jika Anda menjadi pemberi pinjaman P2P, pada dasarnya Anda bertindak seperti bank dengan membantu orang-orang yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman untuk meminjam uang. Pemberi pinjaman P2P memilih individu dan memberikan pinjaman mikro kepada mereka, yang nantinya akan membayar kembali pinjaman dengan bunga.

Baca Juga : Bentuk dan Cara Investasi Tanpa Modal Menggunakan Internet

Bagaimana Cara Memilih Saham untuk Investasi Jangka Pendek?

 

Bagaimana Cara Memilih Saham untuk Investasi Jangka Pendek

 

1. Tentukan dulu tujuan investasi

Langkah pertama yang dilakukan yang harus anda lakukan sebelum berinvestasi adalah menetapkan tujuan. Ada baiknya memiliki tujuan yang jelas sehingga anda dapat melakukan apa yang mereka lakukan dengan baik dan optimal sesuai kebutuhan.

Ada baiknya tidak ikut-ikutan dan melakukan investasi sembarangan berdasarkan tren. Memiliki tujuan yang jelas memudahkan anda untuk memutuskan langkah mana yang harus diambil dan strategi investasi saham mana yang harus diikuti.

2.Ketahui kinerja instrumen tersebut

Selain itu, anda juga perlu mengetahui produk investasi yang ada di pasaran. Tentu saja, setiap investor harus memahami detail produk yang mereka pilih, mulai dari legalitas, informasi pengelolaan dana, risiko terkait, hingga cara mendapatkan pengembalian Dana.

Produk investasi memang sangat penting. Karena jika tidak dikenal, anda mungkin dianggap menjadi investor yang gagal. Apalagi saat ini sudah banyak menjadi korban investasi bodong, yang tentu saja menimbulkan kerugian yang cukup besar.

3. Menjalankan strategi investasi jangka pendek

Berinvestasi lebih dari sekadar menyetor uang dan mendapatkan hasil. Ada banyak hal yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan hasil terbaik. Salah satunya adalah untuk memperoleh berbagai pengetahuan dan strategi tentang cara membeli saham jangka pendek ini.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti membaca berbagai buku investasi, menonton video penjelasan di internet, atau berkonsultasi dengan pakar di bidangnya masing-masing untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Pilih investasi yang sesuai kebutuhan

Ada banyak investasi jangka pendek di pasar saat ini. Jadi sebaiknya menyaring terlebih dahulu kebutuhan dan posisi keuangannya sebelum mulai berinvestasi agar bisa memberikan imbal hasil yang lebih baik nantinya.

Investasi  jangka pendek juga harus dilakukan setelah memahami risiko yang ditimbulkan oleh fundamental perusahaan yang dipilih oleh anda untuk diperdagangkan. Misalnya, ketika kinerja dan keuntungan perusahaan meningkat, nilai sahamnya meningkat seiring dengan peningkatan hasil.

Akhir Kata

Bagi yang ingin mulai ber investasi jangka pendek, anda bisa mencoba membeli beberapa slot saham dan Start-Up saham yang dikenal sebagai salah satu produk investasi yang menghasilkan. Bagi yang ingin mulai ber investasi jangka pendek, Anda bisa mencoba membeli beberapa slot saham dan Start-Up saham yang dikenal sebagai salah satu produk investasi yang menghasilkan. Tetapi anda tidak boleh langsung meremehkan pangsa startup. Di antara berbagai masalah yang melanda perusahaan start-up hari ini, jadi alangkah baiknya anda harus selalu berhati-hati ketika memulainya.

Baca Juga : Tahap-tahap dan Pengukuran Proses Pengambilan Keputusan Investasi